Tanaman yang memiliki nama latin oilefera ini ternyata memiliki manfaat yang luar biasa dalam mengatasi gangguan - gangguan kesehatan yang biasanya menjangkit anda. Berikut selengkapnya tentang manfaat daun kelor :

1. Manfaat daun kelor – obat rabun ayam, cara penggunaan daun kelor untuk mengobati rabun ayam yaitu pertama, sediakan 3 gagang daun kelor yang sebelumnya telah ditumbuk sampai halus, kedua, seduh tumbukan tersebut dengan satu gelas air putih yang telah matang, ketiga, saring ampas dari seduhan tumbukan daun kelor tersebut dan ambil airnya, keempat, campur air saringan tersebut dengan madu dan aduk sampai merata. Dan terakhr minum menjelang tidur.

2. Manfaat daun kelor – herpes (kurap) dan luka bernanah, cara pemanfaatannya dengan menumbuk beberapa helai daun kelor dengan kapur kemudian dilanjutkan dengan mengoleskannya pada bagian tubuh yang luka atau kena kurap.

Manfaat daun kelor untuk kesehatan

3. Manfaat daun kelor – obat cacingan, pengaplikasian daun kelor untuk dapat dijadikan sebagai obat cacingan caranya dengan menyediakan 1 gagang daun cabai, 1 sampai 2 batang meniran, dan 3 gagang daun kelor, selanjutnya ketiga bahan ini kemudian direbus hingga mendidih dengan ditambahkan 2 gelas air putih. Setelah itu baru disaring dan obat cacingan dari daun kelor ini siap untuk diminum.

4. Manfaat daun kelor – obat sakit kuning, penggunaan daun kelor pada manfaat keempat ini hampir sama dengan langkah-langkah diatas, pertama sediakan 5 atau 7 gagang daun kelor segar, 1 gelas air kelapa hijau, dan 1 sendok makan madu. Terlebih dulu tumbuk daun kelor yang telah anda sediakan sampai halus, kemudian tambah dengan air kelapa sebanyak 2 gelas dan rebus. Dalam proses perebusan tidak perlu lama-lama, sekiranya rebusan sudah agak menghangat segera angkat, jika terlalu lama merebusnya maka kandungan yang ada baik dari daun kelor maupun air kelapanya akan hilang. Setelah itu saring, dan air saringan tersebut anda campur dengan 1 sendok teh madu dan minum.

5. Manfaat daun kelor – susah buang air kecil, jika anda atau orang-orang disekitar anda ada yang sedang mengalami gangguan dalam buang air kecil, sahabat bisa membantunya dengan ramuan dari daun kelor ini. Caranya sediakan sari buah wortel atau ketimun yang telah diparut dengan jumlah yang sama antara kedua bahan, dapat anda coba dengan ukuran 1 sendok makan, dan tak lupa 1 sendok makan sari daun kelor. Selanjutnya bahan – bahan yang telah tersedia campur dalam 1 gelas air matang, aduk sampai merata, kemudian saring dan minum air saringannya.

Video manfaat daun kelor untuk kesehatan :



6. Manfaat daun kelor – obat sakit mata, ternyata daun kelor dapat anda ambil manfaatnya juga untuk menyembuhkan sakit mata, kalau orang jawa biasa menyebutnya dengan istilah “belekan”. Masuk ke dalam proses penyajiannya, sediakan tumbukan halus 3 gagang daun kelor. Campur tumbukan dengan 1 gelas air putih dan aduk sampai merata. Setelah itu biarkan campuran air dan tumbukan daun kelor tersebut sampai ampasnya mengendap. Kemudian air yang tidak tercampur dengan endapan tersebut digunakan sebagai obat tetes mata.

7. Manfaat daun kelor – obat reumatik dan pegal linu, cara pemanfaatan daun kelor ini untuk mengobati pegal linu dan reumatik yaitu dengan menumbuk setengah sendok makan kapur sirih dan 2 sampai 3 gagang daun kelor sampai halus. Lalu hasil tumbukan keduanya digunakan untuk obat param (gosok).