Daun singkong adalah daun dari pohon singkong atau yang lebih dikenal dengan nama pohon ketela, ubi kayu atau nama jawanya “telo”, di wilayah sunda berbeda lagi namanya, masyarakat sunda menyebutnya dengan nama sampeu yang biasanya umbi dari sampeu dijadikan bahan utama untuk membuat peuyeum (tape singkong).

Masyarakat nusantara sudah sejak lama mengetahui manfaat daun singkong selain sebagai bahan makanan, sayuran atau lalapan. Ternyata daun singkong ini memiliki khasiat yang tinggi bagi kesehatan tubuh, tidak banyak yang tahu jika di dalamnya terdapat banyak zat, di dalam daun singkong mengandung berbagai macam senyawa hidup yang sangat baik untuk tubuh seperti : Asam amino essensial, Vitamin A, Vitamin B17, Vitamin C, Kalori, Karbohidrat, Diet serat, Kalsium, Protein, Magnesium, Protein nabati, Kalium, Tembaga, Mangan, Hidrat arang, Lemak, Sodium, Zat besi dan Fosfor.

manfaat daun pegagan bagi kesehatan

Merujuk kepada penjelasan dari Prof. Hembing Wijayakusuma yang merupakan seorang pakar tanaman obat menjelaskan bahwa efek farmakologis dari singkong adalah sebagai anti kanker, anti oksidan, anti tumor serta menambah nafsu makan. Lebih jelasnya dapat dilihat beberapa manfaat daun singkong bagi kesehatan tubuh di bawah ini :
  1. Manfaat daun singkong untuk mengobati demam dan sakit kepala. Membuat obat demam dan sakit kepala dari daun singkong tidaklah sulit, cukup ambil tumbukan halus dari 3 - 4 lembar daun singkong, lalu hasil tumbukan tersebut ditempelkan di kepala,jadi seperti kompres.

  2. Manfaat daun singkong baik untuk ibu hamil. Tidak sedikit ibu – ibu yang bertanya apakah daun singkong baik untuk dikonsumsi oleh ibu hamil?, dan jawabannya ya. Karena daun singkong memiliki kandungan zat besi yang cukup tinggi sehingga mampu membantu ibu – ibu hamil terhindar dari yang namanya anemia.

  3. Manfaat daun singkong sebagai obat diare. Cara membuat ramuannya ; sediakan 6 – 7 lembar daun singkong lalu rebus ke dalam 4 gelas air putih sampai tersisa menjadi 2 gelas. Kemudian saring airnya dan minum ramuan obat diare daun singkong ini secara rutin, 1 hari 2 kali terus menerus sampai diarenya sembuh. Apabila anak yang masih menyusu ke ibunya maka yang meminum ramuannya adalah ibunya.

    Video Manfaat Daun Singkong



  4. Manfaat daun singkong untuk menambah nafsu makan. Apabila anda atau salah satu anggota keluarga anda mengalami susah makan dapat anda mencoba masak daun singkong dengan resep berikut ini, siapkan daun singkong secukupnya lalu rebus bersama bawang putih dan garam, kemudian daun singkong disajikan bersama nasi hangat dan sambal tomat, pasti selera makan anda akan bertambah.

  5. Manfaat daun singkong sebagai obat mata yang kabur. Apakah anda seperti merasa pandangan mata anda seperti kabur?, anda dapat sedikit demi sedikit melakukan pengobatan mata dengan mengonsumsi daun singkong rebus yang dalam proses perebusannya ditambahkan bawang putih dan garam.

Pohon singkong selain dimanfaatkan daunnya untuk kebutuhan kesehatan, ternyata bagian lain seperti umbi dan batang juga dapat dimanfaatkan sebagai bahan obat tradisional, seperti untuk mengobati cacingan, luka akibat terkena api dan mengaobati reumatik. Demikian sedikit informasi tentang manfaat daun singkong untuk kesehatan tubuh, semoga dapat memberikan maslahah bagi pembaca sekalian.