Tomat ialah tumbuhan kali pertama dari Amerika Selatan dan tergolong buah karena strukturnya yang mempunyai daging dan biji yang menyehatkan. Tetapi sampai sekarang tomat dikenal sebagai sayuran. Salah satu hal yang menjadi kelemahan tomat ialah ketahanannya yang lemah sehingga mudah sekali busuk. Nah supaya tahan lama, maka tomat harus dibekukan yakni diawali dengan pemilihan, pencucian, perendaman, pengupasan dan dibekukan dalam kulkas.

A. Kandungan Buah Tomat
Tomat memiliki kandungan yang banyak yang bermanfaat untuk memelihara fungsi organ tubuh dan melancarkan segala sistem yang sedang bekerja. Di dalam tomat banyak mengandung kandungan air dan juga vitamin C, yang pabila keduanya dicampurkan dalam tubuh manusia maka akan timbul beragam manfaat tomat untuk kesehatan dan juga kecantikan seperti bisa mengecilkan pori-pori dan mencerahkan kulit. Tak hanya bisa dimanfaatkan sebagai bumbu masakan saja, tomat sering kali dijadikan bahan untuk membuat masker atau kosmetik dari beberapa produk terkenal.

Buah tomat

B. Manfaat Tomat untuk Kesehatan
Kebanyakan orang mengenal tomat ini hanya bermanfaat untuk masakan, namun lebih tepatnya bisa dikatakan bahwa tomat lebih bermanfaat untuk kesehatan tubuh. Nah apa saja manfaat tomat untuk kesehatan, yuk langsung kita lihat di bawah ini :

  1. Mencegah kanker
    Anti oksidan yang terkandung dalam tomat ini bisa mengatasi penyakit yang serius antara lain kanker payudara, usus besar/ pencernaan dan paru-paru. Jadi mengkonsumsi tomat dalam jumlah yang tepat dan cukup bisa menurunkan penyakit serius yang disebutkan tadi.

  2. Mengontrol Kolesterol akibat hipertensi
    Di dalam tubuh kita tersimpan 2 macam kolesterol, yakni kolesterol baik/ HDL dan kolesterol jahat/LDL. Jumlah kolesterol baik harus lebih banyak dari jumlah kolesterol jahat jadi tak akan terjadi tekanan darah tinggi/hipertensi.
    Caranya ialah dengan memakan buah tomat dengan rutin, karena kandungan mineral yang ada didalamnya bisa membantu mengatur jumlah kolesterol yang mengalir dalam darah.

  3. Memenuhi kebutuhan vitamin harian
    Bila kamu malas minum suplemen, maka mengkonsumsi tomat akan memberikan kamu 20% kebutuhan gizi harian yang dibutuhkan untuk sepotong tomat.

  4. Menjaga gigi dan tulang agar tetap sehat dan kuat.
    Tomat bisa menjadi penyedia kalsium yang bermanfaat untuk memelihara tulang supaya tak mudah keropos, menguatkan gigi dan menjaganya supaya selalu sehat. Ketika tubuh melakukan pembentukan tulang, kandungan kalsium sangat dibutuhkan untuk mendapatkan hasil yang sempurna.

  5. Mengobati nyeri punggung
    Masalah yang berhubungan dengan peradangan seperti nyeri punggung perlu diperhatikan dengan serius supaya tak semakin parah. Bila kamu menderita nyeri punggung, maka konsumsi buah tomat dengan teratur dan rutin. Buah tomat mampu mengatasi proses penyembuhan dengan mengalirkan bioflavonoid dan karotenoid yang diketahui sebagai agen anti peradangan. Nah apabila nyeri punggung yang kamu alami bersifat kronis atau parah, pada umumnya proses pemulihan atau peredaan rasa sakit yang akan berlangsung lumayan lama.

  6. Membuat mata sehat
    Bagi kamu yang menderita mata minus, maka sangat disarankan untuk mengkonsumsi buah tomat supaya mata anda yang minus tak semakin bertambah. Mengapa begitu? Yah karena tomat telah dikenal banyak orang sebagai buah yang mampu menyehatkan mata karena di dalamnya mengandung banyak vitamin A, ditambah dengan sejumlah nutrisi lain misalnya niacin, asam folat dan thiamine. Antara satu dengan lainnya saling bekerja sama yang bisa menyembuhkan gangguan kesehatan pada mata.

  7. Membuat jantung bekerja stabil
    Sepotong tomat yang berukuran sedang, memiliki kandungan kalium sekitar 235 mg. Nah kandungan kalium tersebut bermanfaat untuk mengontrol denyut jantung dalam memompa darah dan membuatnya tetap bekerja dengan stabil. Selain manfaat tersebut, manfaat buah tomat yang bisa kita dapatkan ialah tubuh terjaga dari penyakit jantung dan stroke.

  8. Mengontrol gula darah
    Gula darah yang ada dalam tubuh tak boleh melebihi batas wajar supaya tak memperbesar resiko diabetes. Jika kamu mengkonsumsi buah tomat secara rutin maka akan membantu pengontrolan gula darah karena tomat menjadi sumber alami kromium yang dibutuhkan oleh tubuh supaya jumlah gula darah tak mengalami kenaikan.

C. Manfaat Tomat untuk Kulit
Untuk kulit, pada umumnya tomat lebih sering dijadikan krim alami yang dicampurkan dengan beberapa bahan alami misalnya jeruk nipis, madu, gula dan masih ada yang lainnya. Nah manfaat tomat untuk kulit tentu saja banyak di minati bukan?. Yuk kita lihat di bawah ini cara pembuatan masker tomat:
  1. Mengecilkan dan mengencangkan pori-pori wajah
    Cara membuat masker dengan memakai tomat untuk wajah menjadi kencang:
    a. Blender tomatlah terlebih dahulu
    b. Campurkan 2 sendok makan jus tomat dengan 1 sendok makan air
    c. Usap bagian wajah dengan menggunakan kapas yang sebelumnya telah dibersihkan
    d. Pijat seluruh permukaan kulit waja dengan merata selama 15 menit

  2. Mencerahkan kulit
    Bagi kamu yang memiliki kulit wajah kusam dan sampai kini belum mengetahui bagaimana untuk membuat kulit wajah yang cerah? Yah gunakan saja tomat yang memiliki kandungan vitamin C dalam jumlah banyak yang siap mengatasi masalah yang mungkin sekarang telah menimpa kamu.
    Caranya mudah, yakni hanya menyiapkan satu atau dua potong tomat yang segar, iris dengan ukuran tebal. Gosokkan tiap irisan keseluruh wajah. Lakukan cara ini setiap hari secara teratur untuk mendapatkan kulit yang bersinar dan sehat.

  3. Menghilangkan jerawat
    Sekarang ini banyak obat jerawat yang digunakan di salon atau klinik kecantikan. Nah apabila kamu ingin membeli obat untuk jerawat semacam salep, ada baiknya jangan dulu karena masih ada tomat yang bisa memberikan kedua nutrisi tersebut.
    Disamping vitamin A dan C, tomat juga mengandung banyak asam yang bisa menghilangkan jerawat dan mengatasi kulit ruam kemerahan. Nah pada keadaan jerawat kecil, kamu hanya harus menggosokkan potongan tomat pada wajah.

  4. Mengatasi kulit berminyak
    Sebum berlebihan yang diproduksi oleh wajah bisa membuat wajah berminyak dan jika dari jauh tampak berkilau. Apabila tak segera diatasi, maka aka nada beragam masalah lain akan hadir juga pada wajah kamu misalnya jerawat, flek hitam dan juga komedo.
    Caranya sangat mudah yakni hanya dengan membuat jus tomat dari 2 potong tomat yang telah dicampurkan dengan 4 sendok makan jus mentimun. Gunakan masker tersebut dengan cara dioleskan ke wajah menggunakan kapas, lalu diamkan sampai kering dan bilas jika sudah. Terapkan cara ini dengan rutin, dengan begitu minyak pada wajah akan terkendali dan pori-pori bisa mengecil.

  5. Menjaga kulit supaya awet muda
    Tomat bisa memperlambat penuaan yakni dengan menyerap oksigen lebih maksimal. Yang kamu lakukan hanyalah harus melakukan perawatan dengan rutin diwaktu senggang, pada pagi atau malam hari.

Demikianlah 13 manfaat tomat untuk bisa sehat dan juga cantik. Dengan menggunakan bahan alami seperti tomat anda akan mendapatkan banyak manfaat untuk kehidupan anda. Sekian dulu info kali ini semoga bermanfaat untuk anda semua dan selamat mancoba.