Manfaat daun sirsak untuk kesehatan dan kecantikan sebenarnya sudah dikenal dari zaman penjajahan Belanda di Indonesia selama 3 ½ abad yang lalu lho. Nah kala itu para kompeni Belanda menanam tanaman sirsak tersebut yang diketahui tak hanya bisa menghasilkan buah yang enak dan dapat di konsumsi, tetapi juga daunnya pun bermanfaat untuk kesehatan dan juga kecantikan. Yapz benar sekali jika tak hanya buah sirsak saja lho yang memiliki banyak manfaat, akan tetapi daunnya pun bermanfaat untuk kehidupan kita misalnya baik untuk kesehatan dan kecantikan. Sirsak merupakan tumbuhan yang bisa dengan mudah tumbuh didaerah yang beriklim tropis seperti negara Indonesia. Tak heran bila penjajah Belanda menggunakan tanah Indonesia untuk membudidayakan tanaman sirsak dan kita juga bisa melihat bahwa nona-nona Belanda tampak cantik karena mereka memanfaatkan tanaman sirsak untuk menjaga kecantikannya.

Daun sirsak juga tergolong tanaman herbal yang banyak akan khasiatnya. Sirsak merupakan sejenis tanaman yang berasal dari daerah Karibia, Amerika selatan dan Amerika tengah. Tetapi dengan berkembangnya zaman dari dulu hingga sekarang, tanaman ini menyebar keseluruh pelosok dunia termasuk Indonesia. Nah membahas mengenai daun sirsak, kali ini kami akan membahas kandungan yang terdapat pada daun sirsak serta manfaat daun sirsak untuk kesehatan dan kecantikan anda loh. Tunggu apalagi, yuk langsung kita simak apa saja sih kandungan serta manfaatnya di bawah ini :

ragam kandungan khasiat dan manfaat daun sirsak

A. Kandungan Daun Sirsak

Apakah anda semua tahu bahwa daun sirsak mengandung beberapa senyawa loh, apa saja sih? Yah daun sirsak mengandung antara lain acetogenis, gigantetronin, annocatalin, annohexocin, annomuricin, annocatacin, gentisic acid, anonol, annonacin, caclourine, muricapentocin, dan linoleic acid. Nah dari semua kandungan yang telah disebutkan tadi, semuanya yang bisa menjaga kesehatan melalui peningkatan sistem kekebalan tubuh atau sistem imun manusia.

B. Manfaat Daun Sirsak untuk Kesehatan

Di bawah ini beberapa khasiat dan manfaat daun sirsak antara lain :

  1. Daun sirsak untuk Diet
    Ternyata air rebusan daun ataupun teh daun sirsak bisa membantu anda yang sedang dalam program diet karena dengan mengkonsumi daun sirsak, rasa lapar anda bisa berkurang. Pada hari pertama, jika anda mengkonsumsi rebusan air daun sirsak maka anda akan mengalami rasa haus dan lapar pada tubuh anda, tetapi penyakit seperti tubuh yang mudah lelah dan cepat pegal pegal akan menjadi hilang. Hari kedua, rasa lapar itu akan kembali normal bahkan berkurang. Sementara di hari selanjutnya, walau anda merasa lapar tetapi nafsu makan anda akan sedikit berkurang.

  2. Daun sirsak untuk asam urat
    Nah untuk anda yang memiliki penyakit asam urat atau bahkan yang sekarang sedang mengalaminya, anda bisa mencoba mengatasi penyakit asam urat anda dengan daun sirsak yakni hanya dengan mengkonsumsi ramuan air rebusan daun sirsak dengan rutin yah.

  3. Daun sirsak untuk kista ovarium
    Kandungan Acetogenins yang terdapat pada daun sirsak tak hanya berkhasiat untuk mengobati kanker, tetapi juga bisa mengobati penyakit kewanitaan seperti kista ovarium. Caranya ialah tak jauh berbeda dengan sebelum-sebelumna yakni dengan meminum air rebusan daun sirsak juga.

  4. Daun sirsak untuk kolesterol
    Kolesterol itu penting untuk tubuh selama dalam kadar normal, tetapi bila berlebihan tentu akan memicu timbulnya penyakit berat seperti diabetes dan lain-lain. Nah untuk anda yang menderita penyakit yang diakibatkan oleh kelebihan kolesterol (diabetes), anda bisa mencoba membiasakan diri untuk mengkonsumsi teh daun sirsak dengan rutin.

  5. Daun sirsak untuk asma
    Bagi anda yang menderita penyakit sesak nafas atau di kenal juga dengan sebutan asma, maka anda dapat mencoba untuk mengkonsumsi air rebusan daun sirsak setiap pagi hari, atau dapat juga 2 kali dalam sehari yakni pagi hari dan malam hari sebelum tidur. Lakukan langkah ini sampai asma atau sesak nafas anda benar-benar sembuh dan kesehatan anda kembali pulih.

  6. Daun sirsak untuk meningkatkan sistem imunitas tubuh/ kekebalan tubuh
    Jika kita meminum rebusan air daun sirsak juga bisa meningkatkan sistem imun atau sistem kekebalan tubuh manusia. Dengan begitu, tubuh kita akan menjadi lebih tahan kebal dan tak mudah terserang penyakit, terutama berbagai jenis penyakit yang disebabkan oleh virus.
Manfaat serta Khasiat Daun Sirsak Lainnya untuk Kesehatan kita :

Selain manfaat daun sirsak untuk kesehatan yang telah disebutkan diatas, masih banyak lagi loh manfaat kesehatan lainnya. Yuk langsung simak saja di bawah ini:
  • Bisa mencegah dan menyembuhkan kanker antara lain kanker prostat, paru-paru, payudara dan pankreas
  • Bisa membantu dalam penghambatan mutasi gen
  • Bisa menghambat pertumbuhan bakteri yang jahat
  • Bisa mencegah tumbuhnya tumor
  • Bisa mencegah tumbuhnya virus
  • Bisa menghambat tumbuhnya parasit
  • Bisa membantu mengendurkan atau merileksasi otot
  • Bisa dijadikan obat anti kejang
  • Bisa membantu meringankan nyeri
  • Bisa menekan radang
  • Dapat menurunkan kadar gula darah
  • Dapat mengatasi deman
  • Dapat menurunkan hipertensi
  • Dapat membuat saraf menjadi kuat
  • Dapat membuat jantung menjadi sehat
  • Dapat membantu pemproduksian asi pada ibu hamil
  • Dapat membantu dalam melebarkan pembuluh darah
  • Dapat melenyapkan cacing parasit
  • Dapat Dapat menurunkan stress
  • Dapat membuat pencernaan dan menambah nafsu makan
  • Dapat menghambat kulit keriput
  • Dapat banyak lagi manfaat lainnya.
C. Manfaat Daun Sirsak untuk Kecantikan

Seperti yang telah dijelaskan diatas di awal, disamping sangat baik untuk kesehatan tubuh, daun sirsak juga bisa bermanfaat untuk kecantikan, yuk langsung kita simak saja di bawah ini , apa saja sih:
  1.  Menghilangkan jerawat
    Cara lain untuk mengobati jerawat selain menggunakan produk obat yang mengandung bahan kimia ialah dengan menggunakan daun sirsak. Caranya sangatlah mudah ialah sama dengan cara mengobati bisulan yaitu hanya dengan menumbuk daun sirsak beberapa lembar hingga halus, kemudian tempelkan atau balurkan ke kulit wajah yang berjerawat. Lakukan cara ini dengan rutin untuk mendapatkan hasil yang memuaskan. Mudah bukan, untuk cantik itu ga repot ko.

  2. Menjaga kekencangan kulit
    Anda boleh percaya atau tidak yang apabila kita dengan rutin mengkonsumsi air rebusan daun sirsak atau teh daun sirsak juga bisa merawat dan menjaga kekencangan kulit anda dan tentunya mencegah penuaan dini.
Demikianlah ulasan mengenai kandungan dan manfaat daun sirsak untuk kesehatan dan kecantikan yang bisa kami sajikan untuk anda semua. Dengan begitu, kita tak perlu bergantung dengan produk obat yang mungkin memiliki efek samping yang tak baik untuk kesehatan tubuh kita. Jika kita bisa menggunakan bahan alami yang tentunya tak harus mengeluarkan biaya banyak, kenapa tidak ? Untuk mendapatkan tubuh yang sehat dan kulit yang cantik tak sulit bukan? Semoga info diatas bisa berguna untuk anda semua yang membutuhkannya. Selamat mencoba dan lekas sembuh yah sobat.