Siapa sih yang tak ingin memiliki wajah mulus, bersih dan sehat tanpa adanya masalah noda flek hitam atau jerawat? Yah tentu saja semua orang mau bukan termasuk kamu. Memiliki kulit wajah yang bersih, bersinar, mulus tanpa masalah seperti jerawat dan masalah masalah kulit lainnya, sehingga sangat mendukung penampilan seseorang saat tampil di depan khalayak umum sehingga bisa tampil percaya diri, tampak mempesona dan sebagainya. Akan tetapi bagaimana jika diantara kamu yang saat ini sedang mengalami jerawat dan berusaha untuk menghilangkannya? Jerawat ialah suatu kondisi dimana pori-pori kulit kita tersumbat oleh kotoran atau debu dan akhirnya menimbulkan kantung nanah yang meradang pada kulit yang akhirnya berubah menjadi jerawat. Sebelum kita membahas mengenai bagaimana cara menghilangkan jerawat dengan alami, ada baiknya jika kamu tahu lebih dulu apa saja sih penyebab dari munculnya jerawat dan tipe-tipe jerawat? Langsung saja yuk kita simak ulasannya di bawah ini:


8 Cara Menghilangkan Jerawat dengan Bahan Alami

A. Penyebab Jerawat
Seperti apa yang telah dikatakan sebelumnya di atas ialah bahwa jerawat terjadi karena dimana pori-pori pada wajah kulit wajah kita tersumbat baik karena kotoran atau debu yang akhirnya menimbulkan kantung yang berisi nanah yang meradang pada kulit. Memang sih jerawat bukan lah termasuk masalah yang berbahaya untuk kita, akan tetapi jika tak diatasi akan mempengaruhi kesehatan dan juga kecantikan kulit wajah kamu pastinya. Pada umumnya jerawat di sebabkan oleh beberapa hal antara lain karena oleh faktor bakteri, sel kulit mati, kosmetik, obat-obatan, kulit wajah yang kotor dan masih ada lagi faktor yang lainnya.

B. Tipe-tipe Jerawat
Adapun tipe-tipe jerawat yang bisa kamu ketahui antara lain sebagai berikut:
  1. Jerawat biasa
    Jerawat tipe ini biasanya disebut dengan jerawat klasik yakni jerawat yang memiliki ciri-ciri benjolan kecil pada kulit. Nah benjolan yang dimaksud umumnya berwarna merah muda ataupun agak kemerah-merahan.
  2. Komedo
    Komedo juga termasuk salah satu jenis jerawat dimana pori-pori tersumbat. Nah komedo ini terdiri dari dua jenis yaitu komedo terbuka dan komedo tertutup. Jerawat yang berjenis komedo ini dapat disebabkan karena beberapa sebab antara lain sel kulit yang telah mati dan kelenjar minyak yang berlebihan yang diproduksi oleh wajah kamu.
  3. Jerawat Batu
    Jenis jerawat ini sering kali dikenal juga dengan nama jerawat jagung. Nah ciri-ciri dari jerawat baru adalah adanya benjolan besar yang diserta dengan peradangan pada kulit.
Itulah beberapa faktor yang menyebabkan jerawat muncul pada kulit wajah kamu dan juga beberapa jenis jerawat yang sering kali kita alami. Dan apakah kalian tahu bahwa jerawat di wajah bisa diatasi atau diobati dengan cara yang alami loh? Yah kita bisa mengatasi dengan cara menghilangkan jerawat pada wajah dengan alami yang pastinya menggunakan bahan-bahan yang alami juga misalnya pasta gigi, putih telur, tomat dan masih banyak bahan lainnya yang bisa kita manfaatkan. Kamu perlu khawatir lagi dengan cara - cara alami ini karena cara ini tak akan membahayakan kulit wajah kamu karena di jamin aman dan bebas dari efek samping karena tak bahan alami tak mengandung bahan kimia sedikitpun. Tunggu apalagi, yuk langsung saja kita simak cara menghilangkan jerawat dengan alami di bawah ini:

C. Cara Menghilangkan Jerawat
Berikut ini adalah beberapa cara untuk menghilangkan jerawat dengan bahan-bahan alami:
  1. Memakai Putih Telur
    Cara ini bisa kamu coba dirumah dan caranya sangatlah mudah yakni hanya dengan menggunakan putih telurnya saja. Caranya ialah dengan mengoleskan atau membalurkan putih telur ke seluruh wajah anda dengan merata. Jika sudah tungu selama kurang lebih 15 menit dan bilas wajah kamu dengan air yang bersih. Akan tetapi sebelum kamu mengoleskan putih telur ke wajah kamu, ada baiknya jika wajah kamu dibersihkan terlebih dahulu yah.
  2. Memakai Tomat
    Caranya ialah hanya dengan meletakkan irisan tomat saja ke sekitar jerawat yang ada pada wajah kamu. Tunggu selam 20 sampai 30 menit lalu bersihkan wajah kamu dengan air. Kamu bisa melakukan cara ini 2-3 kali dalam satu minggu.
  3. Memakai Lidah Buaya
    Caranya ialah dengan mengoleskan lidah buaya ( ambil gel yang di dalamnya) pada wajah kamu yang berjerawat. Kamu bisa melakukan cara ini setiap pagi dan sore hari supaya jerawat di kulit kamu cepat kering dan mengelupas.
  4. Memakai Bawang Putih
    Yang harus kamu lakukan yang pertama ialah menghaluskan dahulu bawang putih seperlunya saja, jika sudah oleskan ke kulit yang terkena jerawat. Tunggu selama 10 menit saja kemudian bersihkan menggunakan air bersih.
  5. Memakai Jeruk Nipis dan Madu
    Caranya ialah dengan mencampurkan 1 sendok teha air perasan jeruk nipis dengan 1 sendok teh madu. Jika air jeruk nipis dan madu tersebut sudah tercampur rata lalu oleskan pada bagian kulit wajah yang terkena jerawat, tunggu hingga 30 menit atau hingga kering. Langkah selanjutnya ialah bilas wajah kamu dengan air supaya bersih. Kamu bisa melakukan cara ini 2- 3 kali dalam satu minggu.
  6. Parutan Jagung
    Pertama cucilah jagung yang masih mudah hingga bersih, sesudah itu parut dan amnil ampasnya saja. Nah kamu bisa menggunakan ampas tadi untuk dijadikan sebagai masker dengan alami. Jika sudah dioleskan ke wajah dan tunggu selama 15 – 20 menit lalu bilaslah wajah kamu dengan air yang bersih.
  7. Memakai Pasta Gigi
    Caranya ialah dengan mengoleskan pasta gigi misalnya pepsodent ke bagian kulit wajahg kamu yang berjerawat. Kamu juga bisa menggunakan pasta gigi lainya, akan tetapi kamu harus memastikan bahwa bukan pasta gigi yang berbentuk gel misalnya closed up dan sejenisnya. Kamu bisa menerapkan cara ini pada saat mau pergi tidur mala dan tunggu keesokan harinya hingga pagi dan setelah itu bersihkan wajah kamu dengan air bersih.
  8. Memakai Daun Pepaya
    Pertama yang harsu kamu harus lakukan ialah menjemur daun pepaya yang lumayan tua secukupnya. Sesudah itu tumbuh atau lumatkan dan beri sedikit air lalu peras untuk diambil air sari nya. Selanjutnya, oleskan sari daun pepaya yang tadi ke bagian wajah yang berjerawat pada wajah anda hingga merata.
Demikianlah 8 cara menghilangkan jerawat dengan bahan alami yang bisa kamu terapkan dirumah. Jika kamu ingin mendapatkan hasil yang memuaskan, sehingga kamu dapat menerapkan cara ini dengan rutin dan teratur supaya jerawat lekas hilang, karena kebanyakan orang tak sabar dan tak rutin dalam menjalankannya. Disamping itu juga kamu harus menyadari bahwa seberapa pun parahnya jerawat ternyata juga dapat mempengaruhi hasilnya loh? Apakah cepat atau lambat. Nah sekian dulu info kecantikan pada kesempatan ini, semoga info tentang cara menghilangkan jerawat di atas berguna untuk kamu semua yang mungkin saat ini sedang membutuhkannya. Selamat mencoba dan semoga berhasil yah sobat.