Blogging ialah aktivitas yang makin banyak digemari oleh masyarakat Indonesia pada saat ini. Blogger baru banyak bermunculan dengan gaya tulisan dan topik yang sangat beragam. Pada umumnya kita dapat membuat blog melalui WordPress, Blogger, Tumblr, Webs, dan masih ada lagi lainnya. Akan tetapi kali ini kami akan mengulas tentang cara membuat blog di WordPress dengan layanan gratis. Nah bagi kamu yang belum mengerti cara membuat blog di WordPress, kamu bisa membaca artikel ini. Yuk langsung kita simak saja di bawah ini:

Cara Membuat Blog

A. Cara Membuat Blog di WordPress (WP)
Script WordPress dapat dipakai untuk domain dengan hosting sendiri maupun dengan gratisan. Tetapi seperti yang telah dikatakan sebelumnya bahwa, kali ini di sini akan mengulas mengenai cara membuat blog gratis di WordPress.com yang mana kamu bisa menikmati layanan secara gratis baik subdomainnya dan hostingnya juga. Di bawah ini langkah-langkah atau cara membuat blog yang bisa kamu baca:
  1. Bukalah situs WordPress atau klik URL wordpress.com di browsermu
  2. Sesudah halaman WordPress terbuka, kamu bisa masukkan alamat web yang kamu inginkan, misalnya Bloggw.wordpress.com. Kemudian jangan lupa untuk klk tombol “ Buat Situs Web”
  3. Nantinya akan muncul halaman baru. Nah pada bagian halaman ini, kamu akan diminta untuk mengisi kolom-kolom misalnya alamat email pengguna, nama pengguna ( untuk login), pasword dan juga alamat blog.
    • Alamat email yakni isi dengan alamat email kamu miliki
    • Nama pengguna yakni dengan menggunakan nama kamu atau dengan variasi nama kamu ( contohnya: yuni90 ) pada saat kamu login ke Dashboar WP
    • Password pilihlah password yang mudah diingat olehmu, namun jangan di sebarkan yah
    • Kamu harus memastikan alamat blog yakni dengan mengecek ulang alamat untuk blog yang kamu inginkan, contohnya “Bloggw.wordpress.com “
    • Jangan lupa juga untuk meng-klik link yang bertuliskan “ akan menggunakan alamat yang gratis”
    • Sesudah semua kolom terisi, maka klik lah tobol “ Buat Blog” yang ada pada bagian bawah
  4. Pihak WordPress akan mengirimkan link untuk verivikasi ke email kamu. Yang perlu kamu lakukan ialah dengan membuka email kamu, temukan email dari wordpress.com dan klik lah link yang ada di dalam email tersebut .
  5. Sesudah kamu melakukan verifikasi di atas maka, nanti akan tab baru akan terbuka di browser dan kamu akan melihat halaman dashboard WordPress milik kamu.

B. Pengaturan, Desain dan Posting di Blog WordPress
Hingga langkah 5 diatas kamu telah memiliki blog WordPress loh ?. Kamu dapat melihat tampilan blog yakni dengan menuliskan nama blog kamu pada browser. Akan tetapi jika kamu tak cocok dengan tampilan default dari WordPress, kamu dapat mensetting blog WordPress kamu, contohnya membuat judul blog, tag line dan lainnya. Untuk lebih dalam lagi, langsung kita simak saja berikut ulasannya:
  1. Pengaturan Blog WordPress
    Kamu dapat mensettingnya pada dashboard WP yakni dengan membuka link Pengaturan. Pada bagian pengaturan ada beberapa sub bagian pengaturan yang akan kamu edit, antara lain:
    • Umum: Kamu dapat mengubah judul blog dengan menggunakan judul yang kamu inginkan,
    • Menulis: Kamu dapat membuat pengaturan tulisan, memilih jenis artikel atau kategori tulisan standar dan lainnya,
    • Membaca: Kamu dapat mengatur tulisan yang ditampilkan di halaman utama blog kamu. Kamu dapat membuat halaman menjadi statis maupun dinamis, akan tetapi kami sarankan supaya kamu membuat halaman menjadi dinamis.
    • Diskusi: Kamu dapat mengatur bagaimana orang dapat berkomentar di blog kamu
  2. Desain Blog WordPress
    Kamu pun dapat menggati Themes dan menambahkan widget untuk blog WP kamu. Mengatur themes dan juga widget bisa membuat blog tampak cantik yang sesuai dengan kemauan pemilik blog. Caranya ialah dengan membuka tombol link “ Tampilan yang ada di dashboard blog WP kamu dan terutama yang penting ialah Tema, Widget, dan Menu.
    • Tema : Di bagian ini kamu dapar memilih theme ( tema) yang sesuai dengan kemauan kamu. Di wordpress.com ada beragam tema yang gratis namun jangan sampai pilih memilih theme premium, akan tetapi pilih saja theme gratisan.
    • Widegt : Kamu dapat meambahkan beberapa widget yang kamu mau yang pada bagian side bar pada blog WordPress kamu. Hal yang perlu diperhatikan ialah janganlah banyak-banyak memasukkan widget karena bisa mempengaruhi kecepatan loading blog kamu.
    • Menu : Kamu dapat menambahkan beberapa link untuk menu di halaman ini. Contohnya ialah kamu ingin membuat halaman about, halaman kontak, privacy policy dan masih ada lainnya.
  3. Memposting Konten di WordPress
    Tahapan berikutnya ialah membuat postingan artikel. Untuk bisa memposting artikel atau lainnya, kamu dapat mengklik link “ Tulisan”. Lalu cermati link pada dashboard kamu:
    • Semua Tuliasn : merupakan link untuk melihat bagian semua postingan artikel yang terdapat di blog kamu
    • Tambah Baru: ialah link untuk membuat postingan atau konten yang baru pada blog kamu
    • Kategori: merupakan link untuk melihat dan juga menambahkan bagian kategori baru yang terdapat pada blog WP kamu.

Dalam membuat postingan di wordpress.com ialah cara yang paling gamapang jika di bandingkan dengan platform lainnya dan yang harus kamu cermati pada halaman dalam membuat konten ialah :
  1. Judul konten :buatlah juduk yang cocok dengan konten
  2. Halaman konten : kamu dapat menambahkan konten dalam bentuk text/artikel, gambar, dan video dari halama ini
  3. Menu formating : Amati menu formating pada halaman kerja WP. Kamu dapat menambahkan link, mengatur text, mengganti warna text, menambah gambar serta video dan masih ada lainnya.
  4. Kategori dan Tag : Jangan lupa untuk membuat kategoti dan tag pada masing-masing konten kamu. Hal ini bisa membuat kamu mudah untuk membaca blog dan melihat konten dengan kategori ataupun tag tertentu.
  5. Apabila telah yakin dengan konten kamu, lalu klik tombol “ Terbitkan” yang terdapat pada sebelah kanan halamab kerja WordPress.
Nah mudah bukan untuk cara membuat blog WordPress gratis sendiri dan merubahnya yakni dengan berkerasi labih jauh. Namun kamu juga harus tahu bahwa WordPress.com memberika batasan untuk para penggunanya dalam mengedit kode-kode html pada blog WorsPress.
Note :
  1. Untuk dapat masuk ke dashboard blog WP kamu, tuliskan alamat blog kamu di browser yakni dengan menambahkan /wp-admin pada bagian belakang alamat blog akamu. Misalnya tipsngeblog.wordpress.com/wp-admin, kemudian masukkan emali atau username dan pasword milik kamu.
  2. Save atau simpanlah username dan pasword kamu dengan baik , dengan begitu mudah digunakan pada saat kamu ingin masuk/ login ke blog kamu.
Itulah ulasan tentang cara membuat blog di WordPress dengan gratis. Semoga info kali ini berguna untuk kamu semua yang lagi membutuhkannya dengan begitu kamu yang belum tahu cara membuat blog dengan gratis bisa membuatnya dengan muda.