Tomat memiliki nama ilmiah Gycopersicum esculentum Mill merupakan buah yang sering menjadi tambahan bumbu dan masakan. Contohnya seperti di dalam masakan sayur asem, sup, sambal tomat dan masakan lainnya. Disamping itu, buah tomat sering juga dijadikan sebagai minuman seperti jus tomat. Selain enak dimakan, buah tomat ternyata memiliki banyak manfaat bagi kesehatan dan kecantikan. Diantaranya menghaluskan kulit, menghilangkan jerawat dan difungsikan sebagai masker untuk wajah. Untuk pengobatan, buah tomat dipercaya mampu menurunkan tekanan darah tinggi, mengobati wasir, menangkal sel-sel kanker dan mencegah penyakit jntung.

manfaat buah tomat

Khasiat dan manfaat buah tomat, tidak terlepas dari kandungan senyawa hidup di dalamnya. Buah tomat mengandung saponin, alkaloid solanin (0,007%), asam folat, asam malat, bioflavonoid (termasuk rutin), asam sitrat, protein, lemak, gula (glukosa, fruktosa), adenin, histamin, trigonelin, tomatin, kholin, mineral (Magnesium, Besi,Natrium, sulfur, Kalsium, Posfor, chlorine, Kalium), dan vitamin (likopen, niasin, B1, B2, B6, C, E). Berikut beberapa khasiat dan manfaat buah tomat bagi kesehatan dan kecantikan :
  1. Manfaat buah tomat untuk mengobati Jerawat. Langkah pertama tambahkan 25 ml alkohol 70% dalam jus tomat (100 ml) kemudian kocok sampai merata. Lalu gunakan campuran tersebut untuk menggosok muka yang berjerawat. Lakukan perawatan tersebut 2 - 3 kali sehari.

  2. Manfaat buah tomat untuk melindungi kulit terbakar oleh sinar matahari. tidak hanya buah tomat, daunnya pun juga memiliki khasiat untuk kecantikan kulit. Caranya cuci daun muda yang masih segar lalu giling sampai halus dan balurkan pada kulit yang terbakar.

  3. Manfaat buah tomat sebagai obat Wasir. Beberapa buah tomat yang sudah masak direbus dalam minyak kelapa selama kira-kira sepuluh menit, kemudian saring dengan sepotong kain. Tunggu sampai dingin dan oleskan pada wasirnya.

  4. Manfaat buah tomat untuk mengobati hipertensi. Makan buah tomat segar sebanyak 1 sampai 2 buah pada waktu pagi hari saat perut masih kosong.

  5. Manfaat buah tomat untuk mengobati luka memar. Apabila Anda mengalami luka memar akibat terpukul atau terbentur bisa anda membantu mempercepat penyembuhannya dengan tomat. Bikin jus tomat yang ditambah dengan air jahe kemudian minum.

  6. Manfaat buah tomat untuk mengobati sakit kuning dan radang usus buntu. Selain tetap berkonsultasi dengan dokter. Dengan kandungan positif yang dimiliki buah tomat anda bisa membantu penyembuhan dengan meminum jus tomat sehari sebanyak 3 kali dan setiap porsinya masing-masing satu cangkir.

    Video Manfaat Buah Tomat Untuk Kesehatan




  7. Manfaat buah tomat untuk mengobati Demam. 3 buah tomat masak cuci bersih, kemudian potong-potong seperlunya. Lumatkan sampai halus dalam setengah cangkir air masak dan tambahkan satu sendok makan madu murni. Peras ramuan tersebut dan saring airnya lalu minum. Laksanakan treatmen ini tiga kali sehari. Bagi penderita diabetes melitus dilarang menambahkan madu murni supaya tidak ada peningkatan kadar glukosa darah.

  8. Manfaat buah tomat untuk mengobati radang gusi dan gusi berdarah. Pemanfaatanya dengan cara cuci buah tomat yang sudah masak terlebih dulu, lalu makan mentah. Nah, lakukan sehari sebanyak 2 kali selama kurang lebih satu bulan.

Begitulah tomat yang selama ini dikenal sebagai bahan masakan saja ternyata memiliki manfaat yang besar untuk kesehatan dan kecantikan. Semoga artikel ini dapat berbagi manfaat bagi pembaca yang budiman.