Manfaat Daun Kemangi Yang Melimpah – Kemangi adalah salah satu tanaman yang biasanya dijadikan ibu rumah tangga sebagai lalapan untuk menambah cita rasa masakan dengan aroma yang keluar dari daun kemangi tersebut. Namun tidak hanya untuk menjadikan masakan semakin nikmat saja, daun kemangi memiliki kandungan – kandungan yang baik untuk kesehatan sahabat sekalian, berikut selengkapnya :

  1. Manfaat daun kemangi untuk pemulihan kesehatan.
    Tumbuhan kemangi memiliki khasiat / manfaat bagi kesehatan. Dari tanaman kemangi ini yang sering digunakan oleh kebanyakan masyarakat adalah daunnya. Perlu sahabat ketahui bahwa pada bagian daunnya, kemangi memiliki khasiat / manfaat mempertajam memori otak, selain itu daun kemangi sangat baik untuk kesehatan perut sahabat.

  2. Manfaat daun kemangi untuk mengobati batuk.
    Dari beberapa penelitian menyebutkan bahwa ternyata daun kemangi dapat menjadi obat pereda batuk. Sebab ternyata daun kemangi berperan dalam obat batuk ekspektoran dan ayuverdic. Peranannya terdapat pada pemobilisasian lendir pada asma dan bronkitis.

  3. Manfaat daun kemangi yang melimpah
  4. Manfaat daun kemangi untuk mengatasi flu.
    Selain dapat mengatasi batuk, sahabat dapat memanfaatkannya sebagai obat flu. Cara penggunaannya yaitu dengan mengunyahnya secara langsung.

  5. Manfaat daun kemangi untuk mengobati demam dan meriang.
    Daun kemangi dapat juga dijadikan sebagai langkah pencegah menyebarnya demam berdarah dan malaria. Dalam suatu kasus demam tertentu, sahabat dapat menggunakan daun kemangi yang dicampur dengan bubuk kapulaga dan direbus sampai mendidih dengan setengah liter air putih. Kemudian air rebusan itu sahabat campur bersama susu atau gula.

  6. Manfaat daun kemangi untuk mengatasi penyakit batu ginjal.
    Apabila sahabat, keluarga atau orang-orang dikeliling sahabat ada yang sedang mengalami gangguan kesehatan batu ginjal, bisa mencoba mengobatinya dengan ramuan dari bahan daun kemangi ini. Cara pengolahannya yaitu dengan menyediakan beberapa gagang daun kemangi kisaran 5 – 6 gagang, kemudian blender gagang daun kemangi tersebut yang sudah ditambahkan madu sebanyak 1 – 2 sendok makan. Kemudian ramuan ini diminum secara rutin selama 6 bulan.

  7. Manfaat daun kemangi untuk mengatasi stress.
    Daun kemangi ternyata memiliki kandungan adaptogen atau bisa kita sebut dengan agen anti – stress. Kandungan inilah yang kemudian membuat daun kemangi dapat dijadikan ramuan herbal untuk mengatasi orang – orang yang sedang tertekan / stress. Disamping itu memang ada suatu penelitian yang sudah membuktikan bahwa ada perlindungan yang signifikan terhadap tekanan yang dialami seseorang.

  8. Manfaat daun kemangi untuk kesehatan kulit wajah.
    Dalam melakukan perawatan wajah dewasa ini kebanyakan masyarakat tergantung pada produk-produk siap pakai yang ada di toko, padahal di sekitar kita masih banyak tanaman yang bisa dimanfaatkan untuk perawatan wajah. Contohnya daun kemangi ini, dengan menggosokkan daun kemangi yang telah dikeringkan secara rutin pada wajah dapat membuat wajah sahabat tampak lebih segar dan muda.

    Video Manfaat daun kemangi yang melimpah :


  9. Manfaat daun kemangi untuk membersihkan darah dan baik untuk jantung.
    Dalam daun kemangi terkandung kandungan antioksidan eugenol, kandungan ini memiliki efek positif yaitu membantu mengontrol tekanan darah, selain itu daun kemangi juga dapat mengurangi kadar glukosa darah dan kadar kolestrol, oleh karena itu maka resiko penyakit jantung yang sering dialami dapat diminimalisir.

  10. Manfaat daun kemangi untuk pencegahan jerawat.
    Sebagaimana yang tertulis di atas bahwa daun kemangi dapat membersihkan darah, maka secara otomatis daun kemangi bermanfaat juga untuk mencegah timbulnya jerawat.

  11. Manfaat daun kemangi untuk mencegah pengeroposan tulang.
    Pada masa pertumbuhan sangatlah dibutuhkan nurtisi – nutrisi yang dapat mempercepat pertumbuhan tulang, terutama kalsium. Kebanyakan masyarakat hanya terpaku pada kebutuhan kalsium yang didapat melalui susu. Namun perlu diingat pula bahwa dalam proses pembentukan tulang juga dibutuhkan kandungan fosfor dan kalium, dan kedua kandungan ini terdapat pada daun kemangi.