01 May 2016

Manfaat Daun Pegagan Bagi Kesehatan

Pegagan memiliki nama lain daun kaki kuda atau antanan. Mengapa nama lainnya diistilahkan daun kaki kuda, sebab jika dilihat lebih seksama, bentuk daun dari tanaman pegagang ini mirip dengan telapak kaki kuda. Dan sedangkan nama latin tanaman pegagan adalah centella asiatica linn yang termasuk dalam ketegori keluarga umbelliferae.

Bagian yang sering dimanfaatkan pada tanaman pegagan ini biasanya adalah bagian daunnya. Dalam daun pegagan terdapat kandungan farmakologis yang bermanfaat bagi dunia pengobatan tradisional. Tidak berpanjang lebar berikut manfaat daun pegagan bagi kesehatan :
  1. Manfaat daun pegagan untuk mengobati darah tinggi.
    Daun pegagan segar sebanyak satu genggam kemudian ditambahkan air 3 gelas sampai sisanya menjadi 3 / 4 nya. Lalu hasil pengolahan ramuan ini kemudian diminum satu hari 3 kali, dan setiap minumnya sebanyak 3 / 4 gelas.

  2. Manfaat daun pegagan untuk mengobati wasir.
    Cara pembuatan ramuannya adalah terlebih dulu ambil 3 - 5 batang pegagan sekaligus akar pegagan, tambahkan air putih 2 gelas dan rebus selama kurang lebih 15 menit. Air rebusan ini kemudian diminum secara rutin sampai penyakit wasirnya sembuh.

  3. manfaat daun pegagan bagi kesehatan
  4. Manfaat daun pegagan untuk mengobati demam.
    Ramuan dari daun pegagan untuk mengobati demam ini dibuat dengan cara; tumbuk sampai halus 1 genggam daun pepagan segar, kemudian tambahkan sedikit garam dan air. Setelah semua tercampur merata saring campuran tersebut lalu minum airnya di waktu pagi setelah bangun tidur.

  5. Manfaat daun pegagan untuk mengobati muntah darah, mimisan dan batuk darah.
    Cara membuat ramuan yaitu sediakan pegagan segar sebanyak 70 - 90 gram dan kemudian rebus hingga mendidih. Setelah itu peras dan minum airnya. Jangka waktu untuk meminumnya tidak ada ketentuan. Yang pasti minum secara rutin setiap harinya sampai gejala batuk darah, misan ataupun muntah darahnya tidak lagi muncul.

  6. Manfaat daun pegagan untuk mengobati bisul.
    Cara pertama, ambil 40 - 60 gram daun pegagan yang masih segar. Cuci daun pegagan sampai bersih kemudian rebus. Selanjutnya minum air rebusan tersebut. Cara kedua, cuci sampai bersih daun pegagan segar lalu lembutkan atau lumatkan, kemudian lumatan tersebut tempelkan pada bagian kulit yang bisulan.

  7. Manfaat daun pegagan untuk mengobati mata bengkak dan memerah.
    Cara mengobatinya kita membuat obat tetes mata dari daun pegagan. Karena caranya cukup mudah siapa saja bisa membuatnya sendiri. Pertama daun pegagan segar dicuci sampai bersih, kedua lumatkan sampai lembut, ketiga peras lumatan daun pepagan segar tadi, keempat peras dan saring airnya. Nah, air perasan ini yang kemudian kita jadikan obat tetes. Penggunaannya, kita teteskan ke mata yang sakit sebanyak 3 - 4 kali dalam waktu sehari.

  8. Manfaat daun pegagan untuk menambah nafsu makan.
    Daun pegagan dapat kita gunakan untuk mengatasi masalah kurang nafsu makan pada anak atau orang dewasa yang sedang mengalami nafsu makan yang kurang. Caranya, rebus segenggam daun pegagan segar yang sebelumnya telah ditambahkan air sebanyak 2 gelas. Durasi merebusnya kira - kira air yang tersisa tinggal 1 gelas. Selanjutnya minum air rebusan 1 x sehari.

    Video tentang manfaat daun pegagan bagi kesehatan :



  9. Manfaat daun pegagan untuk mengobati batuk kering.
    Sahabat sediakan segenggam penuh daun pegagan segar, lumatkan sampai lembut dan peras airnya. Cara mengonsumsinya agar terasa lebih enak, tambahkan gula batu dan air secukupnya kemudian minum.

  10. Manfaat daun pegagan untuk mengobati gangguan pencernaan.
    Nutrisi yang terkandung di dalam daun berkhasiat mampu membersihkan darah, tukak darah serta dapat memperbanyak empedu. Kemudian bagaimana penyajian daun pegagan, cukup dikukus untuk kemudian dijadikan lalapan.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+