01 May 2016

Manfaat Daun Pepaya Bagi Kesehatan

Berbicara tentang pepaya, maka tidak bisa dilepaskan dari pembahasan mengenai buahnya yang sudah banyak diketahui masyarakat bahwa buah pepaya memiliki kandungan vitamin A yang sangat bermanfaat bagi kesehatan mata. Banyak cara yang bisa dilakukan untuk dapat menikmati manisnya buah pepaya, bisa kita makan secara langsung, dibuat jus, atau menjadi tambahan toping dalam sebuah es krim atau es campur. Disamping rasanya yang nikmat dan terkenal manfaat vitamin A yang dikandungnya, buah pepaya sangat efektif dikonsumsi apabila kita sedang mengalami ganggugan pencernaan, seperti susah buang air besar dan lain sebagainya. Namun tidak hanya buahnya saja yang bermanfaat, ternyata kita juga bisa memperoleh manfaat kesehatan dari daunnya. Berikut ini pembahasan mengenai manfaat daun pepaya :

manfaat daun Pepaya

Daun pepaya oleh masyarakat pedesaan biasanya dimanfaatkan untuk dijadikan sebagai olahan lalapan dengan tambahan parutan kelapa bumbu pedas, masyarakat jawa biasanya menyebutnya dengan nama “kulupan”. Pada dasarnya daun pepaya memiliki rasa pahit. Tapi meskipun begitu, ketika diolah dan dijadikan sebagai olahan kulupan, rasa pahit dari lalapan daun pepaya tetap terasa nikmat sebab telah terpadu dengan rasa gurih pedas dari bumbunya.

Sebelum kita akan membahas manfaat daun pepaya, terlebih dulu kita akan share kandungan apa saja yang ada di dalam daun pepaya. Dibalik rasa pahit daun pepaya, ternyata daun pepaya menyimpan banyak berbagai senyawa aktif yang dapat menunjang kesehatan kita, diantaranya seperti kandungan vitamin C sebanyak 140 mg, vitamin B sebanyak 0, 15 mg, vitamin A sebanyak 18250 SI, hidrat arang sebanyak 11, 9 gram, lemak sebanyak 2 gram, air sebanyak 75, 4 gram, kalsium 353 mg, paparotin, kautsuk, dan karpain. Kandungan – kandungan tersebut sangat bermanfaat bagi kesehatan kita, tidak perlu panjang lebar lagi, berikut inilah manfaat daun pepaya bagi kesehatan :
  1. Manfaat daun pepaya – sebagai obat jerawat. Sejak zaman dulu oleh banyak masyarakat daun pepaya sudah biasa digunakan sebagai obat tradisional untuk mengatasi jerawat. Aplikasinya ; sediakan 3 – 4 lembar daun pepaya dan tumbuk sampai halus, tambahkan air sedikit dan gunakan sebagai masker, diamkan sejenak lalu bersihkan wajah sampai bersih

  2. Manfaat daun pepaya – sebagai obat demam berdarah. Sangat mengkhawatirkan ketika seseorang menderita penyakit akibat gigitan nyamuk demam berdarah. Seandainya ada saudara atau teman yang sedang terkena demam berdarah, kita bisa membantunya dengan membuat minuman dari daun pepaya, kenapa daun pepaya, karena ada suatu kandungan daun pepaya yang dapat membantu menetralisir kekentalan darah dalam tubuh. Aplikasinya ; rebus enam lembar daun pepaya, meniran secukupnya, temulawak serta gula merah, rebusan ini kemudian diminumkan kepada penderita

    Video Manfaat Daun Pepaya Bagi Kesehatan



  3. Manfaat daun pepaya – sebagai penambah nafsu makan. Sangatlah mudah membuat racikan ramuan penambah nafsu makan dengan menggunakan daun pepaya. Apabila anda berminat berikut resepnya ; siapkan satu lembar daun pepaya segar yang seukuran dengan telapak tangan, siapkan juga sedikit garam dan setengah seperdua cangkir atau secukupnya air hangat, lalu semua bahan diblender kemudian disaring dan ambil airnya. Air ini yang kemudian menjadi ramuan aman untuk menambah nafsu makan.

  4. Manfaat daun pepaya – sebagai nutrisi pelancar sistem pencernaan. Penting untuk kita ketahui ternyata mengonsumsi daun pepaya rebus atau seperti yang tertulis di atas “kulupan” dapat memperlancar pencernaan tubuh. Resep kulupan bisa anda temukan di dalam situs makanan – makanan jawa. Untuk aturan makannya bisa anda konsumsi seminggu sebanyak 2 kali
Semoga artikel tentang manfaat daun pepaya ini dapat menginsipirasi, memberi manfaat serta menambah informasi bagi kita semua.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+