Jeruk nipis merupakan salah satu bahan alami yang memiliki manfaat yang banyak dan sering digunakan untuk kesehatan dan kecantikan. Jeruk nipis menjadi nomor pertama bahan alami untuk kecantikan misalnya menangani beragam masalah kulit. Jeruk nipis ialah varian jeruk yang memiliki ukuran kecil, berwarna hijau yang begitu dikenal dengan para ibu rumah tangga. Umumnya jeruk nipis ini menjadi salah satu bumbu penambah rasa asam untuk masakan. Air buah jeruk nipis biasanya dipakai untuk menetralisir bau yang kurang sedap seperi bau amis di beberapa makanan. Akan tetapi siapa yang tahu bahwa buah jeruk nipis mempunyai manfaat yang banyak loh . Tunggu apalagi, yuk langsung saja simak beragam manfaat jeruk nipis untuk kesehatan dan kecantikan di bawah ini :

Jeruk nipis

Manfaat Jeruk Nipis

A. Manfaat Jeruk Nipis Untuk Kecantikan Kulit Wajah
  1. 1. Anti penuaan dini
    Bertambahnya umur dan juga paparan sinar matahari/ UV bisa membentuk melanin yang mempengaruhi warna kulit kita. Lalu akumulasi melanin pada kulit ini akan memunculkan bintik-bintik/ noda gelap dan akhirnnya menimbulkan tanda-tanda penuaan pada kulit. Nah untuk anda yang ingin medapatkan manfaat dari jeruk nipis sebagai pencegah pemproduksian melanin pada kulit maka anda bisa melakukan cara di bawah ini :
      a. Kupaslah jeruk nipis lalu gosok gosokkan pada kulit
      b. Atau juga bisa terapkan masker alami dengan kulit jeruk nipis yang bermanfaat untuk mengurangi pigmentasi yang berlebihan.

  2. Membuat kulit bersinar
    Untuk mendapatkan kulit yang bercahaya, yang harus dilakukan ialah hanya dengan mengoleskannya ke kulit dengan satu gelas air hangat yang telah dicampur dengan madu dan perasan jeruk nipis setiap pagi dengan teratur. Terapkana cara ini sampai kulit anda menjadi kulit bercahaya alami.

  3. Menghilangkan noda hitam
    Air jeruk nipis dipercaya sebagai bahan alami untuk memutihkan kulit karena sifatnya yang ringan pada kulit. Jeruk nipis bisa dipakai untuk meringankan bintik-bintik atau noda hitam.
    Nah bagaimana caranya, yuk simak saja dibawah ini :
      a. Pertama anda dapat membasahi kapas dengan menggunakan air jeruk nipis lalu oleskan ke bagian gelap pada kulit dan tunggu kurang lebih hingga 30 menit,
      b. Anda harus memastikan untuk tetap tinggal di dalam rumah dan sebaiknya hindari kontak langsung dengan paparan sinar matahari karena jeruk nipis bisa membuat kulit sensitif karena sinar matahari tersebut.
      c. Direkomendasikan untuk menerapkan tabir surya sebelum anda keluar dari rumah.

  4. Menghilangkan jerawat dan bekas noda
    Jerawat dan noda biasanya muncul karena diakibatkan oleh minyak, sel kulit mati dan juga kotoran yang menyumbat pori-pori wajah. Jerawat adalah salah satu masalah yang sering kali di alami pada orang yang memiliki jenis kulit yang cenderung berminyak. Disamping itu, bakteri yang ada pada pori-pori kulit wajah tentu akan memperburuk peradangan, meningkatkan kemerahan dan nyeri. Sifat anti biotik yang terkandung dalam buah jeruk nipis mampu menghambat pertumbuhan bakteri yang bisa menyebabkan jerawat. Nah untuk menjaga supaya tak terkena jerawat, maka bisa dicampur dengan madu. Sedangkan madu bermanfaat untuk mencegah bakteri tumbuh karena madu memiliki kandungan yang bersifat anti bakteri, dan sifat asam yang terdapat pada jeruk nipis juga akan mampu mengontrol kelebihan minyak. Anda bisa melakukan cara ini setiap minggu untuk menghilangkan jerawat, bekas luka jerawat sembari dengan memijat dengan perlahan pada bagian wajah menggunakan air jeruk nipis yang segar.

  5. Mengencangkan pori pori
    Minyak jeruk nipis mempunyai kandungan sifat astringent yang mampu mengencangkan otot otot pada bagian wajah serta kulit wajah. Itulah alasan kenapa mereka sering sekali menggunakannya untuk produk kecantikan dan perawatan kulit untuk meningkatkan penampilan kulit wajah anda. Sifat astringent ini berguna untuk mengencangkan pori-pori sehingga bisa mengurangi produksi minyak untuk memberikan kulit yang lebih cerah dan tentunya sempurna.

  6.  Menghilangkan Sel kulit mati
    Asam sitrat yang terkandung di dalam kulit jeruk nipis sangatlah bermanfaat untuk mengelupaskan sel kulit mati pada wajah kita. Jeruk nipis sering dipakai untuk perawatan kecantikan di spa misalnya dan juga pengobatan rumah untuk meningkatkan kesehatan dan penampilan kulit wajah.

B. Manfaat Jeruk Nipis Untuk Kesehatan
Selain bermanfaat untuk kecantikan kulit wajah, jeruk nipis juga memiliki kandungan zat herbal alami yang sangat baik untuk pengobatan tradisional dan akupuntur di Indonesia serta memberikan resep pengobatan penyakit dengan jeruk nipis. Yuk langsung kita simak saja, apa saja sih manfaat jeruk nipis untuk kesehatan dan bagaimana cara membuatnya di bawah ini:
  1. Sebagai obat batuk
    Caranya ialah dengan memeras jeruk nipis, nah air perasannya ditambah dengan gula batu lalu aduk hingga rata. Jika sudah anda dapat meminumnya 1 kali dalam sehari sampai kondisi tenggorokan lebih baik atau sembuh.

  2. Mengatasi Menstruasi yang kurang lancar
    Caranya dengan menyiapkan 3 sendok makan perasan air jeruk nipis, kemudian tambahkan 1 sendok madu dan seduh dengan 2 gelas air yang panas. Jika sudah minum saat masih hangat sebanyak 3 kali sehari.

  3. Bisa Mengurangi Vertigo
    Haluskan setengah genggam daun jeruk nipis pastikan sampai sarinya keluar, ditambah juga dengan 1 sendok perasan dari air jeruk nipis. Jika sudah oleskan ke bagian dahi, tengkuk, juga dan pelipis sebanyak 2 kali dalam sehari.

  4. Dapat menghilangkan panu dan kurap
    Pertama bersihkan 1 genggam akar landep lalu ditumbuk hingga halus. Tambahkan air perasan jeruk nipis kemudian aduk rata. Jika sudah gosokkan ke bagian kulit yang terkena kurap ataupun panu. Lalu gunakan perban untuk membalu kulit yang terkena panu atau kurap. Usahakan ganti perban 2 kali sehari hingga sembuh.

C. Manfaat Jeruk Nipis Lainnya

  1. Mengatasi rambut rontok dan ketombe
    Manfaat jeruk nipis sering dipakai untk masalah rambut diantaranya ialah ketombe dan rambut rontok. Caranya sangat mudah, anda hanya perlu membasuh rambut menggunakan air hangat yang telah dicampur dengan perasan air jeruk nipis. Tunggu rambut beberapa saat dan bilas lagi dengan air dingin sampai bersih. Dan ada baiknya jika untuk membilas rambut anda maka anda dapat menggunakan shampo yang memiliki kandungan jeruk nipis juga yang tujuannya untuk menambah kesegaran.

  2. Menjaga kulit lembab alami
    Untuk menjaga kulit agar lembab alami yang perlu anda lakukan hanyalah dengan memeras jeruk nipis lalu campurkan perasan tersebut dengan putih telurnya saja untuk dapat dijadikan masker jeruk nipis. Nah hal ini dapat membuat kulit menjadi lebih lembab dalam waktu yang lama lho.

Demikianlah ulasan mengenai manfaat jeruk nipis untuk kesehatan tubuh serta kecantikan kulit. Untuk anda yang ingin tampil cantik dan memiliki tubuh yang sehat alami tak sulit kok dan tak perlu mengeluarkan dana yang berlebihan juga.

Dengan melihat dan memanfaatkan bahan bahan alami yang ada disekitar kita, tentu saja itu sangat membantu kehidupan kita bukan? Kini anda tak usah repot-repot untuk membeli produk kecantikan dan produk kesehatan yang mungkin tak baik untuk tubuh kita. Sekian dulu dan semoga informasi kali ini berguna untuk anda semua dan mari kita lestarikan tanaman herbal yang satu ini.