01 May 2016

19 Macam kandungan khasiat dan manfaat Minyak Zaitun

Minyak zaitun atau disebut juga dengan olive oil ialah minyak yang berasal dari buah zaitun ( Olea Europaea). Minyak zaitun ini juga termasuk salah satu minyak yang sehat karena didalamnya terkandung lemak tak jenuh yang tinggi lho. Selain minyaknya yang bisa dimanfaatkan, buah zaitun pun dapat dimakan. Manfaat minyak zaitun telah diketahui dari dahulu kala dan bahkan telah dipakai untuk pengobatan di zaman Mesir kuno. Minyak yang ampuh ini tak hanya bisa dimanfaatkan untuk kesehatan saja, namun bisa sebagai bahan perawatan kecantikan yang aman dan tak ada efek sampingnya. Tak heran jika saat ini minyak zaitun sudah dikembangkan sebagai komposisi primer untuk produk kecantikan.

Minyak

A. Kandungan Minyak Zaitun
Adapun kandungan dan zat-zat alami yang dikandung oleh minyak zaitun antara lain vitamin A, C, D, E, K, asam lemak tak jenuh, asam maristat, asam arachidat, asam palmitat, asam stearate, dan lignoserat. Tak hanya itu saja, minyak zaitun pun mengandung polifenol, asam oleat, pottasium, asam lemak esensial, zat besi, dan juga kalsium. Kandungan fenol yang terdapat pada minyak zaitun mengandung flavonoid yang mempunyai peranan aktif sebagai antioksidan yang sangat baik serta dapat membantu dalam menghambat proses oksidasi dari kolesterol jahat dalam tubuh. Nah, ingin tahu apa saja manfaat minyak zaitun untuk kesehatan dan kecantikan kita? Yuk langsung saja kita simak di bawah ini:

B. Manfaat Minyak Zaitun
  1. Mencegah pikun
    Pikun terjadi karena kurangnya asam lemak tak jenuh, dan untuk menambah asam lemak tak jenuh tersebut, maka minumlah minyak zaitun dengan teratur karena minyak zaitun mengandung asam lemak tak jenuh yang berguna untuk menurunkan resiko kepikunan.

  2. Menjaga Kesehatan Jantung
    Minyak zaitun mengandung lemak tak jenuh sehingga bisa bermanfaat dalam mengontrol kolesterol jahat yang ada di dalam tubuh kita dan bisa membantu meningkatkan kolesterol baik, maka tak heran minyak ini bisa menjaga kesehatan jantung.

  3. Mencegah Kanker
    Minyak zaitun mengandung antioksidan yang lumayan tinggi, dengan begitu bisa mencegah kanker dan juga bisa membantu untuk mengurangi resiko akan terserang kanker. Kandungan senyawa hodroksitirosol yang ada pada antioksidan sangat bagus dalam membantu menyeimbangkan kadar gula dalam tubuh sehingga nantinya bisa berguna untuk mencegah pertumbuhan sel yang tak normal penyebab kanker.

  4. Membuah Sehat Usus
    Senyawa Oleuropein aglycone yang terkandung dalam minyak zaitun bisa menjaga persediaan darah ke bagian usus. Senyawa tersebut bisa mengurangi resiko rusaknya jaringan usus yang diakibatkan oleh gejala iskemia atau kurangnya aliran darah dalam sel.

  5. Mencegah Diabetes
    Salah satu manfaat pada minyak zaitun ialah bisa bermanfaat untuk menurunkan kadar gula dalam darah sehingga bisa mencegah penyakit diabetes melitus.

  6. Mengatasi Kotoran pada Wajah
    Bila anda merupakan pekerja yang ditugaskan untuk selalu bekerja di luar ruangan, maka anda harus memberikan perlindungan untuk kulit anda. Yah, anda hanya perlu menggunakan minyak zaitun sesudah melawan panas terik matahari. Caranya adalah dengan membasuhkan wajah dengan menggunakan air hangat atau uap air yang sudah di didihkan supaya pori-pori wajah terbuka. Sesudah itu, oleskan minyak zaitun ke area kulit wajah hingga merata keseluruh kulit wajah, lalu tunggu hingga kurang lebih 5 menit. Jika sudah bersihkanlah wajah dengan menggunakan air hangat, terakhir bilas lagi dengan air dingin supaya kotoran yang telah keluar tak masuk kembali karena pori-pori wajah mengecil.

  7. Menjaga Kesehatan Kulit
    Minyak zaitun ini mengandung antioksidan yang berguna untuk mencegah kerusakan sel. Hal ini bisa membantu kulit anda terhindar dari penuaan dini.

  8. Menghilangkan artritis
    Minyak zaitun mempunyai kandungan zat prostaglandin yang mana zat ini bisa membantu dalam mengatasi rasa nyeri sendi serta pengeroposan tulang.

  9. Melembabkan kulit dengan alami
    Kebanyakan orang Indonesia kerap kali mengalami masalah kulit kering sehingga membutuhkan makana kulit alami untuk memberikan kelembaban yang lebih. Kandungan vitamin E yang ada pada minyak zaitun sangat baik untuk memberikan kadar minyak alami. Caranya ialah dengan membersihkan wajah terlebih dahulu, lalu oleskan minyak zaitun pada kulit ketika ingin tidur, namun anda harus hati- hati ketika mengoleskan minyak zaitun di daerah sensitif misalnya didaerah sekitar mata.

  10. Memanjangkan rambut
    Caranya ialah dengan menghaluskan biji lemon dan lada, kemudian campurkan 2 sendok makan minyak zaitun. Lalu oleskan campuran tadi ke kulit kepala dan tunggu hingga 20 menit. Jika sudah bersihkan dengan shampo.

  11. Melembabkan bibir
    Manfaat minyak zaitun lainnya yakni bisa membuat bibir anda menjadi lembab. Caranya ialah dengan mencampurkan minyak zaitun dengan beeswax. Besswax ialah sebuah lilin alami yang berasal dari sarang lebah. Nah campurkan kedua bahan tersebut yang bisa menghindarkan bibir dehidrasi.

  12. Mengatasi rambut rusak
    Caranya ialah dengan menyiapkan kelopak bunga mawar atau ekstrak melati dalam minyak zaitun. Lalu simpan di botol dan ditutup hingga 24 jam. Oleskan ke rambut dengan air panas, kemudian oleskan ke kulit kepala sembari dipijat beberapa menit.

  13. Menangkal radikal bebas
    Minyak zaitun mengandung antioksidan polifenol yang mana zat tersebut bisa berguna untuk membantu tubuh dalam detoksifitkasi molekul tak seimbang sehingga ampuh menangkal serangan radikal bebas.

  14. Mencegah rambut rontok
    Kandungan yang terdapat pada minyak zaitun juga bisa berguna dalam membantu mengatur keseimbangan kelembapan pada kulit kepala.

  15. Menghilangkan noda jerawat
    Caranya ialah hannya dengan memanaskan sebentar saja minyak zaitun, lalu oleskan di bagian wajah yang ada noda atau bekas jerawatnya.

  16. Membuat rambut tebal
    Caranya ialah dengan mengocok 2 butir telur dengan satu cangkir minyak zaitun selama 2 menit sampai lembut. Lalu oleskan dari akar sampai ujung rambut, kemudian diamkan hingga kurang lebih 10 menit dan kemudian cuci. Manfaat minyak zaitun yang satu ini dapat bisa digunakan untuk menebalkan rambut.

  17. Mengatasi Wajah Berminyak
    Jumlah minyak pada wajah yang berlebihan tentu akan membuat penampilan menjadi buruk, maka dari itu caranya ialah dengan menggunakan masker yang terbuat dari campuran minyak zaitun dan juga campuran bubuk cendana. Atau anda juga bisa melakukanya ketika wajah sedang lelah, jadi biarkan masker menempel hingga 15 menit. Bila sudah, basuh wajah dengan menggunakan air bersih yang dingin yah, lalu keringkan wajah dengan menggunakan tisu atau anda juga dapat dengan cara menepuk nepuk pelan kulit wajah anda dengan tangan dan wahh..pasti hasilnya akan membuat anda merasa nyaman dengan kulit wajah anda.

  18. Menghilangkan ketombe
    Caranya ialah dengan mencampurkan minyak zaitun dengan shampo lalu bilas sampai bersih.

  19. Menghilangkan flek pada wajah
    Caranya ialah dengan mengoleskan minyak zaitun ke wajah dan leher. Tunggu sampai 5 menit, lalu uapkan. Hal ini bisa membuka pori-pori kulit dan juga bisa membantu dalam membersihkan kulit dengan alami yang tentunya tidak memberikan dampak negative untuk kulit. Selain itu juga sangat efektif untuk menyamarkan flek flek hitam pada kulit.
Demikianlah kandungan dan 19 manfaat minyak zaitun untuk kesehatan dan kecantikan. Semoga info diatas berguna untuk anda yang membutuhkannya. Selamat mencoba dan semoga berhasil yah.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+