01 May 2016

Kandungan Khasiat dan Manfaat Kentang

Solanum Tuberosum L atau biasa kita kenal dengan nama kentang merupakan tumbuhan yang termasuk dalam keluarga umbi-umbian. Sayur kentang mengandung protein, energi, kalsium, karbohidrat, lemak, zat besi, fosfor vitamin C, vitamin B1 ,vitamin A dan masih banyak lagi yang lainnya. Dapat kita memperoleh manfaat kentang antara lain seperti sebagai penawar racun, mengobati lingkaran di sekitar mata, mengobati maag, mengobati batu ginjal, mengobati jerawat pada wajah dan lain - lain.

Kandungan Khasiat dan Manfaat Kentang

Dibawah ini kami share-kan beberapa manfaat kentang baik bagi kesehatan maupun kecantikan:
  1. Manfaat kentang untuk mengurangi kadar kolestrol. Kentang dapat mengurangi kolestrol dalam tubuh berkat kandungan zat potasium yang cukup yang ada di dalamnya. Zat potasium ini juga bisa kita temukan pada buah pisang. Disamping itu kentang yang rendah akan kalorinya dapat menjadi menu diet yang efektif, tentunya tanpa digoreng melainkan direbus.

  2. Manfaat kentang sebagai pencegah kanker. Kentang sangat efektif digunakan untuk melawan proses pembentukan tumor yang menjadi pemicu tumbuhnya kanker pada tubuh. Kanker dalam hal ini adalah kanker rahim pada wanita dan dan kanker prostat pada pria. Efek positif ini disebabkan dari vitamin B 16 yang terkandung dalam kentang. Telah banyak studi yang membuktikan dengan secara rutin mengonsumsi kentang rebus dapat mencegah tumbuhnya sel kanker dalam tubuh.

  3. Manfaat kentang untuk kesehatan tulang. Kandungan zat besi dalam kentang sangat baik untuk kesehatan tulang. Zat besi sangat membantu pertumbuhan dan perkembangan tulang secara maksimal. Selain zat besi, fosfor, magnesium, kalsium, dan seng yang terdapat dalam kentang adalah kombinasi sempurna untuk membentuk dan membangun kekuatan dan struktur tulang.

  4. Manfaat kentang untuk mengurangi resiko batu ginjal. Dalam kandungan kentang terdapat zat besi dan kalsium yang dapat menjadi pemicu pembentukan batu ginjal, tetapi magnesium yang ada pada kentang dapat mencegah perkembangan pada jaringan ginjal untuk menolak kalsium. Meskipun demikian, kentang bukanlah makanan yang diharamkan bagi penderita batu ginjal.

  5. Manfaat kentang untuk menurunkan tekanan darah tinggi. Guna dapat menurunkan tekanan darah harus mengurangi asupan natrium, akan tetapi meningkatkan asupan kalium sangat baik agar dapat menurunkan tekanan darah tinggi. Menurunkan darah tinggi juga dapat dioptimalkan dengan kandungan lain dalam kentang.

  6. Manfaat kentang untuk membentuk dan membangun sel. Salah satu vitamin penting yang dibutuhkan untuk melakukan proses reaksi kimia dalam membentuk dan membangun sel dalam tubuh adalah vitamin B 6. Dibutuhkan lebih dari 100 reaksi enzimatik dan enzim sendiri merupakan protein penyebab terjadinya reaksi kimia. Sebagian besar asam amino dan protein membutuhkan vitamin B 6 untuk sintesis dalam pembentukan DNA dalam tubuh. Oleh karenanya vitamin B 6 ini dibutuhkan untuk pembentukan sel-sel dalam tubuh.

  7. Manfaat kentang untuk kesehatan jantung. Terdapat banyak zat gizi dalam sebuah kentang yang mampu mendukung kinerja jantung yang sehat. Beberapa zat gizi tersebut diantaranya vitamin B-6, vitamin C, kalium, dan serat. Kemudian kentang sangat baik untuk kesehatan jantung sebab makan non – kolestrol.

  8. Manfaat kentang untuk mengobati jerawat pada wajah. Jerawat yang memenuhi wajah tentu sangat mengganggu penampilan. Jika demikian anda bisa mengatasinya dengan mencuci terlebih dulu kemudian diiris tipis-tipis. kemudian tempelkan pada bagian wajah yang terdapat jerawat.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+